Senin, Desember 01, 2008

Makanan Bagi Kesehatan

Makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Dari makanan kita bisa mendapatkan berbagai macam zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitasnya. Diantaranya adalah :

1. Karbohidrat
Zat makanan ini dapat ditemukan dalam biji-bijian, buah, dan sayuran. Melalui proses pencernaan, karbohidrat dipecah menjadi gula yang disebut glukosa. Glukosa memasok sumber energi utama bagi otak. Namun, kadar gula darah perlu dijaga agar tidak berfluktuasi secara drastis, sehingga tidak terjadi linglung, pening, kejang, bahkan pingsan.

2. Protein

Protein ditemukan dalam daging, ikan, susu, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Komponen protein menyediakan materi pembangun struktur di seluruh jaringan tubuh, saraf, dan organ dalam, termasuk jantung dan otak. Protein sangat penting untuk meningkatkan fungsi mental dan membangkitkan semangat.


3. Lemak
Ada tiga jenis lemak dalam makanan: jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda. Istilah "asam lemak esensial" merujuk pada dua jenis lemak tak jenuh ganda, yaitu Omega-6 dan Omega-3. Penelitian atas asam lemak esensial menunjukkan bahwa lemak khusus ini dapat meningkatkan ukuran otak dan jumlah sel otak, memperbaiki penglihatan, dan membantu belajar. Sumber utama asam lemak esensial adalah ikan salmon, makerel, sarden, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral merupakan komponen makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan serta untuk fungsi tubuh otak. Zat ini terdapat dalam berbagai jenis makanan dengan jumlah yang berbeda-beda. Variasi jenis makanan akan membantu tercukupinya kebutuhan nutrisi penting ini.

5. Air
Air menjadi komponen utama dalam darah, yaitu sekitar 83%. Air bertugas sebagai sistem transpor yang mengedarkan nutrisi ke otak dan mengeluarkan sampah. Pasokan air bersih yang cukup merupakan hal penting untuk menjaga kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar