Jumat, Desember 12, 2008

Khasiat Lengkuas

Lengkuas (Lenguas galanga atau Alpinia galanga) sering dipakai oleh kaum wanita dikenal sebagai penyedap masakan. Ada 2 jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal yaitu varitas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan varitas berimpang umbi merah. Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang dipakai penyedap masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah digunakan sebagai obat.

Kandungan kimia

Senyawa kimia yang terdapat pada lengkuas galanga antara lain mengandung minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil sinamat, kaemferida, galangan, galangol dan kristal kuning. Lengkuas berkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.

Khasiat

Dengan senyawa kimia yang dikandung di dalamnya, lengkuas memiliki banyak manfaat sebagai tanaman obat. Dengan ijin Allah bisa menyembuhkan beberapa penyakit antara lain: Reumatik, sakit limpa, gairah seks, nafsu makan, bronkhitis, morbili dan panu.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar